Curug Luhur , Potensi Wisata Cianjur Selatan


Curug Utama Curug Luhur

Berenang di Curug
Jika  mendengar kata Cianjur pasti tempat wisata yang langsung terpikirkan adalah taman Bungan nusantara, Gunung Gede dan Kebun raya Cibodas yang merupakan wisata pegunungan dengan hawa yang sejuk dan segar. Ketiga objek  tersebut merupakan destinasi wisata populer dan merupakan penyumbang PAD terbesar Kabupaten Cianjur di sector Pariwisata . Pariwisata Cianjur sekarang ini memang terpusat di wilayah utara khususnya kecamatan Pacet dan Cipanas yang setiap akhir pekannya selalu dikunjungi oleh wisatawan lokal dari Jakarta dan wisatawan mancanegara terutama dari Negara – Negara Arab. Cianjur merupakan kabupaten terluas ke 2 di Jawa Barat setelah Sukabumi yang memiliki kondisi wilayah geografis memanjang dari utara ke selatan dengan panjang kurang lebih 150 km. Di Sektor pariwisata Cianjur utara jauh lebih maju dari pada Cianjur Selatan, padahal Cianjur Selatan memiliki banyak potensi  destinasi wisata yang beragam mulai dari  pegunungan, air terjun dan pantai. Salah satu potensi destinasi wisata yang menarik dan perlu perhatian   pemerintaha adalah Curug Luhur.
Curug Luhur yang berundak
Perjalanan menyusuri pesawahan
Curug Luhur atau kadang disebut juga curug lesti adalah curug yang terdapat perbatasan Desa Sukajadi dan Desa Batulawang Kecamatan Cibinong. Untuk mencapai curug yang mulai popular di tahun 2016  ini bisa ditempuh dengan 3 sd 4 jam perjalanan dari Cianjur Kota. Dari Kota Cianjur arahkan saja kendaraan anda ke arah selatan dari terminal pasir hayam dan anda akan menyusuri jalur lintas selatan Cianjur. Di Perjalanan anda akan melewati beberapa kecamatan yaitu kecamatan Cibeber, Kecamatan Campaka, sukanagara, pagelaran, tanggeung, dan Cibinong. Di sepanjang perjalanan anda akan disajikan pemandangan yang indah dan beragam. Dari kecamatan cibeber anda akan disuguhi pemandangan pesawahan yang hijau terhampar setelah itu perjalanan mulai didominasi oleh medan menanjak menuju kecamatan campaka dengan pemandangan vegetasi hutan bamboo dan sawah terasering. Lepas dari Campaka anda akan disuguhi dengan pemandangan hutan tanaman perkebunan dan perkebunan teh panyairan dengan udara yang sejuk dengan kondisi jalan yang cukup mulus dan berkelok. Setelah meninggalkan sukanagara jalan akan mulai menurun menuju kecamatan pagelaran ( disini ada destinasi curug ngebul dan citambur ), dan anda akan menyusuri jalan yang berada di pinggir tebing, hati-hati jika musim hujan karena disini sering terjadi longsor. Pemandangan unik terdapat di sepanjang jalan menuju Tanggeung, anda akan disuguhi hutan alam yang masih alami dengan tumbuhannya yang beragam dan tutupannya yang cukup rapat. Lepas dari tanggeung anda akan masuk cibinong dengan jalan kondisi jalan yang berliku dengan tebing di kiri dan jurang di kanan jalan. Jika anda perhatikan di tebing kiri jalan anda akan menemukan curug persis di pinggir jalan dengan ketinggian kurang lebih 15 meter namanya curug sawer.  Kurang lebih 20 menit dari curug sawer anda akan menemukan jembatan yang dipinggirnya terdapat warung tempat parker, dari sanalah perjalanan kendaraan bermotor anda berakhir dan perjalanan jalan kaki menuju ke curug luhur pun dimulai .
Dari tempat parkir anda akan menyusuri sawah dan beberapa kali harus menyebarang sungai, perjalanan kaki menuju curug luhur sangat menyenangkan selain karena pemandangan nya indah, sebelum sampai di Curug Luhur  anda akan disuguhi pula oleh beberapa curug di aliran sungai Ci Sawer dengan ketinggian kurang dari 10 meter. Medan menuju curug luhur cukup menantang karena medan jalannya berupa batuan sungai yang licin tapi jangan khawatir anda akan dibantu oleh petugas curug  yang merupakan swadaya dari masyarakat desa sukajadi. Setelah kurang lebih 20 menit perjalanan anda akan sampai di curug luhur yang memiliki beberapa tingkatan.  Oh ya Tiket masuk curug seharga 10.000 rupiah untuk jaminan keamanan. Pemandangn curug luhur sangat menakjubkan formasi batuannya yang berwarna coklat kemerahan berpadu dengan jatuhan air yang deras sangat cocok dijadikan tempat menenangkan diri ataupun objek fotografi yang sedang trend saat ini, struktur batuannya mirip dengan curug yang ada di Ciletuh Sukabumi.  Selain kegiatan fotografi anda juga bisa berenang di Curug yang paling bawah menggunakan ban sewaan.  Untuk mengunjungi curug ini anda harus menyiapkan pakaian dan alas kaki yang sesuai, karena anda akan basah-basahan menyusuri sungai yang berbatu, selain itu hati hati jika berkunjung pada musim hujan karena debit air cukup deras dan ada potensi untuk terjadinya banjir bandang. Dan yang paling penting pula jaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan demi kelestarian alam. Mudah – mudahan dengan menggeliatnya pariwisata di curug luhur ini bisa meningkatkan perekonomian penduduk sekitar dan memajukan pariwisata cianjur kedepannya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sungai sungai Panjang di ASEAN

Gunung Gunung Tinggi di Negara ASEAN (Bagian 1)