Gunung Gunung Tinggi di Asia Timur

Asia Timur adalah sub region dari benua Asia yang terletak di sebelah Timur laut benua. Asia timur terdiri dari beberapa negara diantaranya China, Jepang, Korea Utara dan Selatan, Taiwan, Hongkong, Macau dan Mongolia. Kenampakan wilayah Asia Timur sangat beragam mulai dari gurun di sebelah barat China, dataran rendah di pantai timur china, pegunungan api di hampir semua wilayah Jepang, dan pegunungan di Korea.
dalam postingan ini akan dijelaskan beberapa gunung  yang menjadi titik point tertinggi di masing-masing negara di Asia Timur.

 1. China, Puncak Himalaya
Mount-Everest.jpg
Puncak Himalaya yang berselimut salju

Puncak Himalaya terletak di Perbatasan antara Negara China dan Nepal, memiliki ketinggian 8848 mdpl yang menjadikan gunung himalaya ini sebagai gunung tertinggi di dunia. 

2. Jepang, Gunung Fujiyama

Gunung Fuji terletak di Pulau Honshu, gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jepang yang memiliki ketinggian 3776, 24 meter. Gunung ini merupakan gunung api aktif dan stratovolkano dengan catatan letusan terakhir terjadi 1707 - 1708. 

Numazu and Mount Fuji.jpg
Gunung Fuji, Maret 2016 diambil dari Wikipedia.org

gunung fuji terletak 100 km sebelah barat daya tokyo. gunung ini memiliki bentuk kerucut yang simetris dan puncaknya selalu tertutup salju selama sekitar 5 bulan per tahun,  gunung ini merupakan  simbol terkenal Jepang dan sering digambarkan dalam seni dan foto, serta dikunjungi oleh pelancong dan pendaki. 

3. Korea Utara ,  Gunung Paektu 

Gunung Paektu atau Gunung Baekdu (Pengucapan Korea), juga dikenal sebagai Golmin Šanggiyan Alin di Manchu dan Gunung Changbai dalam bahasa Cina, adalah gunung api aktif di perbatasan China – Korea Utara, memiliki ketinggian 2,744 m (9,003 kaki). Gunung Paektu adalah gunung tertinggi dari rentang Changbai dan Baekdudaegan. Korea Utara dan Korea Selatan menganggap gunung berapi dan danau kalderanya sebagai rumah rohani negara-negara mereka. 
Heaven Lake di Puncak Gunung Paektu

Gunung ini juga  merupakan gunung tertinggi di Semenanjung Korea dan di Cina Timur Laut.  Danau kawah besar, yang disebut Danau Surga, berada di kaldera di puncak gunung. Kaldera dibentuk oleh VEI 7 "Milenium" atau "Tianchi" letusan 946, yang meletus sekitar 100–120 km3 (24-29 cu mi) tephra. Ini adalah salah satu letusan terbesar dan paling kejam dalam 5.000 tahun terakhir (bersamaan dengan letusan Minoa, letusan Hatepe di Danau Taupo sekitar tahun 180 dan 1815 letusan Tambora).

4. Korea Selatan, Hallasan

Hallasan adalah gunung api perisai di Pulau Jeju Korea Selatan. Ini adalah gunung tertinggi di Korea Selatan. Daerah di sekitar gunung adalah taman nasional yang ditunjuk, Taman Nasional Hallasan (Hallasan Gungnip Gongwon / 한라산 국립 공원 / 漢 拏 山 國立 公園). Hallasan secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga gunung utama Korea Selatan, bersama dengan Jirisan dan Seoraksan.
Hallasan.jpg
Hallasan memiliki ketinggian 1950 meter
Hallasan adalah gunung berapi perisai besar yang membentuk sebagian besar Pulau Jeju dan sering dianggap mewakili pulau itu sendiri. Ada pepatah lokal bahwa "Pulau Jeju adalah Hallasan, dan Hallasan adalah Jeju." Gunung memang bisa dilihat dari semua tempat di pulau, tetapi puncaknya sering tertutup awan. Gunung ini telah ditetapkan Monumen Alam Korea no. 182.

5. Mongolia. Khuiten Peak
Puncak Khüiten adalah titik tertinggi di Mongolia, di sisi barat negara itu di sepanjang perbatasan dengan Cina. Ini adalah 4.374 m (14.350 kaki, sebelumnya 4,356 m) tinggi dan memiliki topi salju permanen. Di masa lalu, Puncak Khüiten secara resmi dikenal sebagai "Persahabatan Puncak" (Nairamdal Uul (Найрамдал Уул) di Mongolia, atau Youyi Feng 友谊 峰dalam bahasa Cina).
Hasil gambar untuk khuiten peak
Kuda dengan latar belakang gunung Khuiten

Puncak Khüiten adalah salah satu dari lima puncak gunung Tavan Bogd. Puncak lainnya, yaitu sekitar 2,5 km sebelah utara Khüiten, menandai garis perbatasan antara Rusia, Mongolia, dan Cina; nama puncak itu diberikan dalam perjanjian internasional dan di peta sebagai Tavan Bogd Peak (bahasa Rusia: Таван-Богдо-Ула, Tavan-Bogdo-Ula; Mongolian: Таван Богд Уул, Tavan Bogd Uul), atau Gunung Kuitun (Cina: 奎屯山; pinyin: Kuítún shān) .Beberapa sumber, kaitkan nama Nairamdal Peak (Puncak Persahabatan) dengan puncak di tripoint perbatasan. Pendakian pertama yang dikenal dari Puncak Khüiten pada tahun 1963 oleh pendaki gunung Mongolia yang disponsori oleh pemerintah.

6. Taiwan, Yushan Peak
Yushan (玉山, pinyin: Yushan; juga dikenal sebagai Gunung Yu) adalah gunung tertinggi di Taiwan dan gunung tertinggi keempat yang berada di sebuah pulau. Di musim dingin, Yushan sering ditutup dengan salju tebal yang membuat seluruh puncak bersinar seperti batu giok. Disekitar Gunung Yushan terdapat Barisan Yushan, yang merupakan bagian dari Taman Nasional Yushan di Taiwan.Taman Nasional Yushan merupakan taman nasional terbesar, tertinggi dan kurang bisa diakses. Kawasan gunung masih memiliki alam liar yang masih asli, termasuk di dalamnya hutan dan keanekaragaman fauna, termasuk spesies endemik.
Hasil gambar untuk yushan
Yushan Peak
Titik tertinggi Yushan adalah 3.952 meter (12.966 kaki) di atas permukaan laut. Taman Nasional Yushan terkenal dengan pemandangan-nya, matahari terbit, matahari terbenam, fitur geologi, dan pemandangan awan dari atas.Yushan sendiri adalah titik pusat dari Taman Nasional. Yushan merupakan salah satu tempat favorit di kalangan pendaki gunung Taiwan. Para pendaki gunung internasional sering menggabungkan perjalanan ke Yushan bersama dengan perjalanan ke Gunung Kinabalu dan Gunung Fujiuntuk membentuk sebuah Asia Trilogy hiking Puncak timur naik ke ketinggian 3.869 m (12.694 kaki) dan dianggap sebagai salah satu dari Sepuluh Taiwan Summits Mayor.

7. Hongkong, Thai Mo Shan
Gambar terkait
Thai Mo shan, Gunung tertinggi di Hongkong
Tai Mo Shan adalah puncak tertinggi di Hong Kong, dengan ketinggian 957 m. Ini juga merupakan puncak pantai tertinggi di Cina Selatan dan puncak pesisir tertinggi kedua di China setelah Gunung Lao, dan terletak di sekitar pusat geografis Wilayah Baru . The Tai Mo Shan Country Park mencakup area seluas 14,40 km² di sekitar Tai Mo Shan. Itu terletak di sebelah utara Tai Lam Country Park. Hal ini dicatat untuk memiliki Long Falls 35 meter, air terjun tertinggi di Hong Kong.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sungai sungai Panjang di ASEAN

Gunung Gunung Tinggi di Negara ASEAN (Bagian 1)