Sungai sungai Panjang di ASEAN

Sebagian besar negara-negara di ASEAN memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi, oleh karena itu banyak sekali sungai mengalir di ASEAN sebagai sumber kehidupan seperti untk pengairan lahan pertanian, kegiatan MCK (Mandi Cuci Kakus) dan sebagainya. Setiap negara di ASEAN memiliki sungai dengan aliran yang sangat panjang dari ratusan hingga ribuan kilometer. dan Dibawah ini adalah sungai terpanjang yang dimiliki setiap negara ASEAN, antara lain (Nomor tidak menunjukan peringkat) :

1. sungai Kapuas
ini dia sungai terpanjang di Indonesia memiliki panjang aliran 1143 km, mengalir dari pegunungan Muller di Hulu sampai bermuara ke Laut China Selatan. Sungai Kapuas memiliki  700 jenis ikan dengan sekitar 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah. Potensi perikanan air tawar di sungai Kapuas adalah mencapai 2 juta ton. Hutan yang masih terlindungi dengan baik menyebabkan sungai Kapuas terjaga kelestariannya.
Sungai kapuas di Pontianak

Keindahan Sungai Kapuas,  Kab. Sintang

 Namun , belakangan ini sungai Kapuas telah tercemar logam berat dan berbagai jenis bahan Kimia, akibat aktivitas penambangan emas dan perak di bagian tengah sungai ini. Walaupun telah mengalami pencemaran oleh logam berat, Sungai Kapuas tetap menjadi urat nadi bagi kehidupan masyarakat (terutama suku Dayak dan Melayu di sepanjang aliran sungai. Sebagai sarana transportasi yang murah, Sungai Kapuas dapat menghubungkan daerah satu ke daerah lain di wilayah Kalimantan Barat, dari pesisir Kalimantan Barat sampai ke daerah pedalaman Putussibau dihulu sungai ini . Dan selain itu, sungai Kapuas juga merupakan sumber mata pencaharian untuk menambah penghasilan keluarga dengan menjadi nelayan/penangkap ikan secara tradisional. Sosial Budaya masyarakat Sungai Kapuas perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengingat pesatnya kemajuan teknologi dan informasi dapat memengaruhi pola berpikir masyarakat di sekitar aliran sungai Kapuas.


sungai Kapuas yang lain  juga terdapat di provinsi Kalimantan TengahA, tepatnya di Kabupaten Kapuas. Sungai ini membentang sepanjang kurang lebih 610 km, dari kecamatan Kapuas Hulu sampai kecamatan Selat yang akhirnya bermuara dilaut Jawa.

2.  sungai Rajang
Pelabuhan Rajang di Kota Sibu
Fungsi Transportasi suku pedalaman sungai rajang
Merupakan sungai terpanjang di Malaysia yang terletak di Negara bagian Sarawak, Malaysia Timur, di Pulau Kalimantan, memiliki panjang 563 km yang mengalir dari hulu yang terdapat di Gunung Iran, dan bermuara ke laut China Selatan. Tercatat ada 164 spesies ikan terdapat di Sungai ini, salah satu ikan yang terkenalnya antara lain ikan semah dan ikan empurau. terdapat Lembaga Pelabuhan Rajang di Kota sibu yang berfungsi sebagai Pelabuhan untuk mengakomodasi Kegiatan perdagangan di Sungai Rajang.



3. Chao Praya..
adalah sungai terpanjang di negara Thailand dengan panjang 372 km, mengalir dari hulu di Daerah Sungai Ping, Provinsi nakhon Sawan dan bermuara di Teluk Siam, sungai ini melewati Kota Bangkok, Ibu Kota Thailand dan mempunyai fungsi yang sangat penting seperti untuk irigasi, transportasi. Anak sungai yang bermuara ke sungai Chao Praya antara lain sungai Pa, Sungai Sakae Prang, dan Sungai nan. 
Chao Praya di Kota Bangkok



4.  Sungai Irawadi 


adalah sungai terpanjang yang melewati negara Myanmar dengan panjang aliran sepanjang 2170 km, daerah alirannya seluas 255.081 km 2.Sungai Irawadi berasal dari pertemuan sungai N mai dan Sungai Mali, di Provinsi kachin Utara Myanmar, mata airnya sendiri berasal dari Gletser Pegunungan Himalaya yang membentang di Utara Myanmar  berbatasan dengan negara China. Sungai ini melewati 3 Kota besar di Myanmar yaitu Mandalay, Myktina, dan Bhamo. Muara sungai terdapat di  Ale-ywa Divisi Ayeryawadhi  Myanmar. Fauna yang terdapat di Sungai Irawadi diantara Buaya air asin, pelikan, dan lumba-lumba irawaddi.

5.  Sungai Mekong
Kawasan Karst di aliran sungai Mekong
Sungai ini merupakan sungai terpanjang ke 12 di dunia dan ke 7 di Asia, memiliki panjang sekitar 4350 km, Mata air sungai ini berasal dari Mata air Lasagongma yang terdapat di Gunung Guozongmucha, Zadoi,Prefektur Otonomi  Yushu Tibetan, Provinsi Qinghai China pada ketinggian 5224 mdpl. Aliran sungai ini melewati 6 negara yaitu China, Myanmar, Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Laos.dan bermuara di delta Mekong, Vietnam Selatan.  daerah Aliran (DAS) sungai ini memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi dengan 20.000 spesies tanaman, 430 mamalia, 1.200 burung, 800 reptil dan amfibidan diperkirakan 850 spesies ikan air tawar (termasuk spesies euryhaline terutama ditemukan dalam garam atau air payau, serta spesies dikenali). 

Peta sungai Mekong

Sungai ini merupakan rumah bagi ikan air tawar raksasa seperti Probarbus babs, yang dapat tumbuh hingga 1,5 meter (4 ft 11 in) dan berat 70 kilogram (150 lb), ikan pari air tawar raksasa (Himantura Polylepis, syn H. Chaophraya.), Yang dapat memiliki panjang sampai dengan 4,3 meter (14 kaki), patin raksasa (Pangasius sanitwongsei), barb raksasa (Catlocarpio siamensis) dan lele endemik Mekong raksasa (Pangasianodon gigas). Tiga terakhir bisa tumbuh hingga sekitar 3 meter (9 kaki 10 in) panjang dan berat 300 kilogram (£ 660). Semua hewan ini mengalami penurunan populasi yang signifikan , karena  proyek bendungan, pengendalian banjir dan penangkapan ikan yang berlebihan.
Sungai Mekong sangat penting karena merupakan jalur transportasi air utama di negara Indo-china, serta menghasilkan kekayaan alam berupa tangkapan hasil ikan yang bisa mencapai 4-6 juta ton per tahun, dan menjadikan Sungai Mekong sebagai tempat budidaya Ikan air tawar terbesar di dunia.(Sumber tulisan berasal dari wikipedia.org/ en dan id)










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gunung Gunung Tinggi di Negara ASEAN (Bagian 1)