Cerita KKN BOJONGKONENG NGAMPRAH 2014 (Part 1)

Sawah terasering di Desa Bojongkoneng



Akhirnya selesai sudah kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan selama 40 hari, berbagai pengalaman dan pelajaran serta keluarga baru kami dapatkan selama KKN. Kebetulan Kami memilih tempat yang sama dalam melakukan KKN tempat ini berada di Desa Bojongkoneng Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat..Letaknya cukup dekat dengan kota Bandung sekitar 27 km dari Kampus UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) dengan waktu tempuh sekitar 45 menit sd 1 jam dan bisa bertambah jika keadaan lalu lintas sedang macet. untuk menuju Desa ini Kita bisa memilih beberapa jalur yaitu :
a. Jalur Tol, Jika kita menggunakan mobil pribadi lewat tol bisa menjadi rekomendasi dikarenakan waktu tempuh yang cukup singkat, dari gerbang tol pasteur kita keluar lewat pintu Cikamuning, lalu dipertigaan belok kiri, sekitar 500 m kita akan menemukan jalan Bojongkoneng disebelah kiri ditandai dengan adanya pangkalan ojek,,sekitar 2,5 km dari jalan utama, masuk terus kita akan menemukan kantor desa Bojongkoneng.
b. Jalur Gerlong - Cimahi - Pasar Tagog - Bojongkoneng...dari gegerkalong kita menuju Cimahi lewat jalan Ciwaruga - Sariwangi dan tembus di Jalan Cihanjuang. kita terus susuri jalan raya Cimahi padalarang, belok kiri menuju pasar tagog dan kita susuri jalur purwakarta. 500 m dari mpercabangan rel kita akan menemukan jalan Bojongkoneng di sebelah kanan.
c. Jalur Pasirhalang...jalur ini sedikit jauh tapi kita akan disuguhi pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. dari UPI kita masuk ke jl sersan Bajuri menuju Parongpong lalu masuk Cisarua terus lurus menuju jalur pasir halang, Jika diteruskan akan tembus di padalarang,,lalu kita akan sampai di desa Bojongkoneng.
Kami berjumlah 11 orang berasal dari daerah dan jurusan yang berbeda-beda tapi dari angkatan kuliah yang sama yaitu 2011 Kami adalah :
1. Widodo, Fisika, Cirebon
2. Estiana Purba, Biologi, Medan
3. Herdyan, T. Sipil, Bandung
4. Fauzan Adib, Man. Perkantoran, Padang
5. Kahfi SS, B. Indonesia, Bandung
6. M. Adi, Geografi, Cianjur
7. Hilma, Akuntansi, Karawang
8. Widi , Tata Busana, Bandung
9. Ismi, IKOR, Cimahi
10. Devia, PJKR, Garut
11. Dita, B. Inggris, Bogor.
Kita semua beruntung memilih desa ini karena di desa ini kita  merasakana hawa yang sejuk dan menikmati pemandangan yang indah kota cimahi dan padalarang. Posko Kami terletak di RW 13 Kp. Pasirhaur dekat dengan Kantor desa dan SDN Pasirhaur. Penduduk disini sebagian besar bekerja sebagai petani terutama petani cengkeh, padi, dan sayuran. Pemuda dan pemudi disini sangat jarang ditemukan karena sebagian besar mereka sudah menikah saat tamat SMP dan ada juga yang bekerja di Kota.
Selama 40 hari kami tidak diam diri saja di posko, tapi kami melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. KKN kali ini diadakan dalam 2 bagian yaitu bagian pertama diadakan dari tanggal 23 Juni sd tanggal 20 Juli 2014 dan bagian 2 diadakan dari tanggal 10 Agustus sd 24 Agustus 2014. kegiatan dibagi menjadi 2 bagian karena terhalang oleh libur lebaran selama 3 minggu. Pada Bagian Pertama kami mengadakan kegiatan sebagai berikut :

a. Kegiatan Keagamaan

KKN tahap 1 bertepatan dengan bulan Ramadhan dan kami pun mengadakan kegiatan kegamaan seperti Kuliah shubuh, Mengaji dan Sanlat ( Siang sd Sore). Tajil dan Yasinan bersama (Setiap Malam Jumat), dan Tadarus (Sesudah tarawih). kegiatan ini dilakukan di masjid Al-Amanah dengan sasaran kegiatannya yaitu anak-anak.

Devia sedang mengaji  bersama anak-anak  

b. Les B. Inggris
Kegiatan ini diadakan siang hari setelah anak-anak pulang sekolah, kegiatan ini dilakukan karena kebetulan dari kami ada yang mengambil jurusan B. Inggris yaitu Faradhita (Dita). Kegiatan ini dilakukan di Posko KKN pada hari Senin,Rabu, dan Jumat dari pukul 13.00 sd pukul 15.00. Materi yang diberikan merupakan materi dasar seperti Introduction, Vocabulary dll.

dari Kiri (Kahfi, Faradhita dan Ismi) Sedang membimbing les B. Inggris untuk anak-anak



c. Pelatihan Kerajinan Ibu-Ibu
Kegiatan ini di Ketuai oleh Widi yang berasal dari Jurusan tata busana, bersama Hilma dan Esti mereka melatih ibu-ibu membuat berbagai macam kerajinan tangan seperti membuat gantungan kunci dari flanel, menghias toples, dan membuat bros dari kain perca dan ada juga pelatihan kreasi hijab. Kegiatan ini dilakukan pada hari Selasa, kamis dan Sabtu jam 13.00 sd 15.00 dan pesertanya sebagian besar adalah ibu-ibu sekitar posko.
Widi sedang membimbing ibu-ibu membuat bros dari kain perca

Hasil kerajinan ibu-ibu menghias toples dari kain flanel  
d. Lomba Islami
Kegiatan ini diadakan pada tanggal 15, 16, 17 Juli 2014. Lomba yang diadakan yaitu lomba MTQ, Hafalan surat, Busana Muslim, adzan, dan Cerita Islami. Lomba diadakan di Masjid Al-amanah dengan pesertanya yaitu anak- anak.

e. Lomba Cerdas Cermat dan Pidato
Kegiatan ini diadakan pada Sabtu 19 Juli 2014 di Aula Balai Desa Bojongkoneng. Pesertanya merupakan utusan dari semua SD se Bojongkoneng dari 5 SD ada 3 yang mengikuti kedua perlombaan ini yaitu, SDN Panaruban, SDN Pasirhaur, dan SDN Warungaawi.

f. Pawai obor
Dilaksanakan pada tanggal 17 Ramadhan 1435 H, dengan peserta berjumlah 50 anak pengajian. Rute pawai yaitu dengan menyusuri jalan PNPM  RW 13. anak-anak membawa obor sambil membaca shalawat nariyah diiringi oleh suara alat musik nasyid. setelah pawai anak-anak menuju masjid dan beristirahat. pukul setengah 3 anak-anak dibangunkan dan kamipun melaksanakan shalat tahajud. setelah itu kami melakukan pawai kembali dan mengantar anak-anak pulang satu persatu sambil membangunkan warga untuk sahur.

g. Jumsih (Jumat Bersih) dilaksanakan setiap hari jumat di sekitar jalan desa dengan cara membersihkan sampah di sekitar jalan dan selokan.

Itulah kegiatan KKN yang dilaksanakan pada tahap 1, 
kegiatan tahap 2 akan di posting kemudian

Tim KKN jalan jalan ke sawah

Sawah di sekitar SDN Panaruban

Tim KKN Bojongkoneng 2014
 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sungai sungai Panjang di ASEAN

Gunung Gunung Tinggi di Negara ASEAN (Bagian 1)