Titik tertinggi 6 Negara ASEAN

Catatan ini merupakan bagian ke 2 dari Gunung Gunung Tinggi di Negara Asia Tenggara. Didalamnya berisi deskripsi Gunung yang merupakan titik tertinggi di 6 Negara ASEAN yaitu Filipina, Laos, Kamboja, Timor Leste, Brunei, dan Singapura. Keseluruhan materi diterjemahkan dan dirangkum dari en.wikipedia.org. Semoga Catatan ini bisa bermanfaat terutama bagi para pecinta gunung, mahasiswa Geografi dan yang lainnya.
1. Gunung Apo, Filipina



Gunung Apo dan Danau Venado
Gunung ini terletak di Pulau Mindanao, yaitu Pulau di sebelah selatan Filipina. Gunung Apo merupakan gunung stratovolkano aktif dengan ketinggian 2954 m diatas permukaan laut. Tidak diketahui secara pasti sejarah letusan gunung ini. Namun diperkirakan Gunung ini menyimpan potensi letusan yang besar. Gubernur Davao pada zaman penjajahan Spanyol merupakan orang pertama yang tercatat mendaki Gunung ini pada 10 Oktober 1880
Pada tanggal 3 Februari 2004, Gunung apo ditetapkan sebagai kawasan lindung dengan kategori taman alam  dengan luas 54,974.87 hektar (135,845.9 hektar), dengan dua daerah pinggiran 2,571.73 hektar (6,354.9 hektar) dan 6,506.40 hektar (16,077.7 hektar) sebagai zona penyangga, yang disediakan untuk manajemen dan untuk tujuan lain.

Meskipun dinyatakan sebagai Taman Wisata Alam, jalur pendakian saat ini yang penuh dengan sampah oleh pendaki yang tidak bertanggung jawab, membuka jalan untuk erosi tanah di sisi gunung yang sudah gundul. Beberapa Komunitas melakukan pembersihan sampah gunung pada waktu tertentu terutama pada saat paskah dimana waktu pendakian semakin meningkat.

Departemen Lingkungan dan Sumber Daya Alam Dunia menetapkan Kawasan Gunung Apo sebagai Taman Warisan Dunia pada tanggal 12 Desember 2009. Gunung ini dianggap sebagai pusat endemisme kekayaan hayati pulau Mindanao. Kawasan ini memiliki salah satu keanekaragaman hayati tertinggi dalam satuan luas lahan baik flora maupun faunanya. Gunung apo memiliki 3 formasi Hutan yang berbeda mulai dari hutan hujan tropis dataran rendah, Hutan  gunung pertengahan, dan hutan gunung dataran tinggi. Selain sebagai fungsi ekologi Kawasan Gunung Apo juga diperuntukan sebagai Zona Tangkapan air bagi kota disekitarnya khususnya Kota Davao.

Kawasan Gunung Apo merupakan rumah dari lebih 272 jenis burung, 111 diantaranya adalah spesies endemic. kawasan ini juga merupakan rumah dari elang terbesar di dunia yaitu Philipphine eagle yang merupakan burung nasional Negara Filipina. Gunung Apo menyimpan Potensi Energi panas bumi terbukti dengan dibangunnya PLTU yang terletak di Barangay Ilomavis, Kidapawan city, Cotabato Utara.
Perlu 3-4 hari untuk bisa mendaki Gunung Ini (nsik dan turun). Akses termudah bisa dimulai dari Kota Kidapawan. Tingkat kesulitan Pendakian mendapat angka 7 dari 9. disepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan Danau Venado, Danau tertinggi di Filipina.
2. Gunung Phou Bia, Laos

Gunung Phou Bia Laos

Merupakan Gunung tertinggi di Laos yang terletak di Provinsi Xiangkhoang, Karena iklim yang relative dingin di sekitar gunung, maka gunung ini pun sering tertutup awan. Pada awal abad ke 20 telah dilaporkan bahwa di gunung ini pernah turun salju. Pesawat Amerika pernah menabrak gunung ini pada tahun 1970. Kawasan Gunung ini merupakan kawasan terpencil dengan hutan yang lebat dan merupakan tempat basecamp pasukan geriliya Hmong.
3. Gunung Phnom Aural , Kamboja
Phnom Aural dan Kebun Tehnya

Phnom Aural adalah puncak tertinggi di Kamboja. memiliki Ketinggian 1813 meter. Adapun Sumber lain menyatakan ketinggian Gunung ini antara 1771 dan 1667 meter. Gunung ini terletak di bagian Timur pegunungan Cardamom dengan wilayah administrasinya terletak di Distrik Aoral, Provinsi Kampung Speu.  
4. Gunung Ramelau (Tatamailau), Timor Leste

Patung Bunda Maria Di Puncak Tatamailau
Tatamilau merupakan Gunung tertinggi di Timor. memiliki ketinggian sekitar 2896 meter diatas permukaan laut. Gunung ini terletak di Distrik Ainaro 70 km sebelah barat daya Kota Dili (Ibukota Timor Leste). Pendakian untuk mencapai puncak Tatamilau dapat diakses melalui Kota Hato Bulico dari Timur Laut Gunung. atau bisa dari desa Aimeta sejauh 6 km dari arah selatan Gunung. Waktu yang ditempuh untuk mencapai puncak diperkirakan empat jam dari Hato Bulico dan 6 jam dari Aimeta. Tidak diperlukan peta untuk mendaki Gunung ini karena jalur sudah tersedia. Di sepanjang perjalanan Kita bisa menikmati pemandangan yang masih alami dan juga kita  akan disuguhi pemandangan patung bunda maria di puncak. Kita harus menyediakan persediaan air yang cukup karena diatas Hato Bulico dan aimeta tidak terdapat pemukiman. dan Kita bisa berkemah di lembah di bawah puncak.
5. Bukit Pagon , Brunei
Bukit Pagon

Gunung ini terletak di Distrik Temburong di perbatasan antara Brunei dengan Malaysia. Memiliki ketinggian 1850 meter diatas permukaan laut. Flora jenis Nephentes Luwii terdapat di kawasan Gunung ini.
6. Bukit Timah , Singapura

Bukit Timah

Bukit ini merupakan titik tertinggi dari negara Singapura dan telah ditetapkan sebagai taman konservasi. Bukit ini memiliki ketinggian 163.63 meter. Terdapat 840 jenis tanaman berbunga dan 500 spesies hewan. Pohon Seraya tumbuh mendominasi di Kawasan ini sebagai kanopi hutan. disini juga terdaat berbagai jenis hewan seperti kera, kupu-kupu, burung, serangga, dsb.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sungai sungai Panjang di ASEAN

Gunung Gunung Tinggi di Negara ASEAN (Bagian 1)