Gunung Gunung Tinggi di Negara ASEAN (Bagian 1)

ASEAN merupakan region Asia Tenggara yang menempati wilayah semenanjung malaya, indochina, kepulauan Indonesia, dan Filipina. di asia banyak terdapat gunung tinggi karena merupakan zona tumbukan lempeng. setiap negara ASEAN pasti memiliki gunung tinggi. adapun gunung tinggi untuk setiap negara ASEAN diantaranya :

1. Hkakabo Razi Myanmar

dengan tinggi 5881 meter. Gunung ini merupakan Gunung tertinggi di Asia Tenggara, terletak di Utara negara Myanmar tepatnya di Provinsi Kachin dan merupakan bagian dari Taman Nasional Hkakabo Razi yang dibuka sejak tahun 1998. Pendaki pertama yang berhasil mendaki Gunung ini adalah Takahashi Ozaki dari Jepang. Gunung ini merupakan menjadi pembatas antara 3 negara yaitu China (Tibet), India (Arunachal Pradesh) dan Myanmar.



2. Fansipan Mountain Vietnam
Gunung ini merupakan Gunung tertinggi se Indochina (Kamboja, Laos, Vietnam) dengan 3143 meter dari permukaan laut, Gunung ini terletak di Provinsi Lao Chai, Gunung ini merupakan spot ekowisata dengan variasi tumbuhan berjumlah 2024 spesies dan 327 spesies fauna.





3. Gunung Dhoi Intanon Thailand
 Gunung ini hanya mempunyai ketinggian 2565 meter diatas permukaan laut. Terletak di provinsi ChiangMai di Utara Thailand. Gunung ini masuk kedalam kawasan Taman Nasional Doi Intanon dengan luas 482,40 km2. Membentang dari ketinnggian 800m sampai puncak 2565m. Dalam Taman nasional ini terdapat lebih dari 360 jenis burung. pada musim tahun baru Gunung ini selalu dikunjungi oleh para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara dengan jumlah wisatawan sebanyak lebih dari 12.000.

4. Gunung Kinabalu, Malaysia
 Gunung tertinggi ke 10 di ASEAN. Gunung ini  masuk kedalam Situs Warisan Dunia UNESCO dikarenakan kekayaan ekologis yang terdapat didalamnya. gunung ini merupakan tempat habitat dari kurang lebih 6000 spesies flora, 326 burung, dan 100 spesies mamalia. di kawasan ini pula terdapat taman raflesia raksasa dan populasi orang utan Gunung ini terletak di Provinsi Sabah dengan ketinggian 4101 meter diatas permukaan laut. Gunung ini merupakan Gunung tertinggi di Pulau Kalimantan dan Masuk kedalam wilayah Negara Malaysia.
Pendakian pertama dilakukan pada tahun 1851 oleh Administrator Inggris yang bernama Hugh low, Namun dia tidak dapat mencapai puncak dikarenakan keterbatasan alat. tapi akhirnya pada tahun 1888 John Whitehead seorang zoologis bisa mencapai titik tertinggi dari gunung Kinabalu ini. Gunung Kinabalu Masuk kedalam kawasan Taman Nasional Kinabalu yang berdiri sejak tahun 1964 lalu kemudian pada tahun 2000 ditetapkan sebagai Situs warisan Dunia.
Puncak Gunung ini merupakan batuan granit. untuk bisa mencapai puncak kita bisa mendaki melalui 2 gerbang utama yaitu melalui gerbang Timpohon dan Mesilau Nature Resort.

5. Puncak Jaya, Indonesia
merupakan puncak Gunung tertinggi ke 5 di ASEAN, dan pertama di Kawasan Indonesia OCEANIA, Gunung ini masuk kedalam 7 puncak tertinggi di dunia. Terletak di Provinsi Papua, Indonesia. Puncak ini terkenal dengan nama Puncak cartenz Pyramid. nama ini berasal dari orang pertama yang melihat gletser di Puncak jaya pada tahun 1623 pada hari yang cerah, Ia bernama Jan Cartenszoon. Seorang penjelajah Belanda, Hendrik Albert Lorentz berhasil mendaki puncak jaya pada tahun 1909 bersama 9 orang dari suku Dayak kenyah. Kawasan puncak Jaya masuk kedalam Taman Nasional Lorentz yang didirikan sejak 1919. untuk mencapai Puncak Jaya bisa melalui Ilaga dari Utara, dan Tembagapura dari Selatan. Puncak Jaya selalu diselimuti salju walaupun terancam hilang akibat pencairan yang disebabkan oleh pemanasan global. 

Sumber; Wikipedia.org







 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sungai sungai Panjang di ASEAN