SITU-SITU DI SEKITAR BANDUNG

Kalau kita merasa jenuh atau bosan, ada baiknya kita melakukan refreshing untuk mengembalikan semangat. Refreshing bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan bisa jalan-jalan, membaca buku, ataupin sekedar berkumpul dengan keluarga.
Untuk Jalan-jalan biasanya orang-orang banyak yang berkunjung ke mal, padahal masih banyak keindahan alam yang bisa dujadikan tempat refreshing seperti Curug, Gunung, Situ dsb.Jalan-jalan ke objek alam selain kita bisa lebih mensyukuri keindahan ciptaan Tuhan, Kita juga bisa mendapatkan edukasi mengenai ekosistem, atau objek-objek yang ada di alam.
Nah..pada tulisan ini saya akan menjelaskan mengenai Situ,, Siapa tahu jika anda bosan jalan-jalan ke tempat yang itu-itu saja bisa menjadikan Situ sebagai pilihan wisata keluarga
Apa itu Situ?.. . Situ adalah sebutan danau bagi masyarakat Sunda, Situ adalah  air yang menggenangi suatu wilayah yang cekung, sumber air Situ biasanya bersumber dari Mata Air alami. Situ berbeda  dengan waduk, Dalam pembentukannya Situ biasanya  tidak dihasilkan dari proses pembendungan sungai, walaupun ada Situ yang merupakan hasil bendungan Sungai, Seperti Situ Lembang yang merupakan hasil dari pembendungan Sungai Cimahi. Situ mempunyai fungsi sebagai tempat penampungan air, tempat mencari ikan, dan dengan keindahannya bisa dijadikan tempat wisata. Adapun beberapa Situ yang ada Di Wilayah Bandung adalah Sebagai Berikut.
1. Situ Ciburuy

" Situ Ciburuy Laukna Hese Dipancing " itulah salah satu kutipan dari Lagu Sunda Bubuy Bulan yang menggambarkan saking terkenalnya Situ tersebut pada masanya sampai dijadikan lirik dalam lagu. Situ Ciburuy merupakan Situ yang terletak di Jalan Raya Bandung-Cianjur tepatnya di Padalarang, atau 22 km dari Kota Bandung. Situ dengan luas 22 hektar menawarkan keindahan yang menakjubkan dengan pulau kecil ditengahnya. Untuk bisa menikmati keindahan Situ kita bisa menggunakan jasa perahu dengan tarf mulai dari 15 ribu rupiah dengan tiket masuk seharga 7500 rupiah,, lokasinya  mudah dijangkau karena terletak di pinggir jalan utama.  
 2. Situ Lembang
Wana Wisata Situ Lembang
Situ Lembang merupakan sebuah danau yang terdapat di kawasan Lembang - Bandung Utara dan terletak di antara kaki Gunung Tangkuban Perahu dan kaki Gunung Burangrang.

Keadaan umum
Wana Wisata ini terletak pada ketinggian 1.567m dpl, konfigurasi lapangan umumnya landai. Kawasan ini mempunyai curah hujan 2.500mm/tahun dengan suhu udara 15-25C.


Potensi Kawasan
Wana wisata ini terdiri dari hutan tanaman pinus. Sumber air yang ada berupa sungai yang saat ini dimanfaatkan untuk keperluan pengunjung dan masyarakat sekitar. potensi visual Lanserkap menuju hutan cukup menarik dengan pemandangan alam berupa; hutan tanaman pinus dan hutan pegunungan, sedang gejala alam/potensi visual lanserkap didalam kawasan yang mempunyai karakteristik khas adalah danau/telaga, hutan alam dan hutan tanaman dengan iklim dataran tinggi.


Potensi Wisata
Wana wisata ini digunakan untuk wisata harian dengan kegiatan yang dapat dilakukan adalah piknik, lintas alam, memancing dan berperahu didanau.
Areal seluas 74ha di Bandung Utara ini tadinya merupakan hutan produksi. DAnaunya yang mempesona merupakan salah satu daya tarik obyek wisata ini sehingga dikembangkan sebagai wisata harian dimana pengunjung dapat mengadakan kegiatan lintas alam, memancing dan berperahu.


Fasilitas
Fasilitas yang tersedia didalam wana wisata ini adalah jalan setapak, tempat parkir, papan informasi/ petunjuk lokasi dan areal piknik.

Aksesbilitas
Wana wisata ini dapat dicapai dari Kecamatan Cisarua (8km), Lembang (18km), Cimahi (18km) dan sedikit jalan batu, tapi dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat, sarana transportasi umum yang ada colt atau mobil carteran Cisarua dan Lembang.



Keterangan : Situ Lembang telah ditutup untuk umum

 3. Situ Cileunca ( Sumber : oleh Yazilatun Najiyah :http://news.detik.com/bandung/read/2012/10/16/144928/2063979/668/)

 
Situ Cileunca merupakan danau buatan seluas 1.400 hektar yang dikelilingi oleh bukit-bukit dan pegunungan. Sehingga kita tidak hanya bisa menikmati keindahan danaunya, tapi juga panorama pegunungan yang melatarbelakangi Situ Cileunca.

Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 anda sudah dapat menikmati keindahan Situ Cileunca yang terletak 45 km dari kota Bandung, tepatnya di Desa Warnasari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung.

Jika Anda ingin mengelilingi danau yang dalamnya 15 sampai 20 meter ini, Anda cukup mengeluarkan uang Rp 10 ribu saja per orangnya untuk menyewa perahu. Anda bisa memilih menggunakan perahu dayung ataupun perahu motor.

Tidak sekedar mengelilingi danau, dengan menggunakan perahu Anda juga akan diajak menuju kebun strawberry dan arbei yang terletak di pinggiran danau. Dengan membayar Rp 2.500, Anda dapat memakan arbei dan strawberry di dalam kebun sepuasnya.

Tapi jika Anda akan membawa pulang strawberry dan arbei maka anda harus membayar lebih. Harga 1 kg arbei Rp 15 ribu- Rp 25 ribu. Sementara strawberry dihargai Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu, tergantung bagaimana Anda pandai-pandai menawarnya.

Meskipun memiliki panorama alam yang indah, menurut Mang Asep salah satu pemilik perahu di Situ Cileunca wisatawan belum begitu banyak yang mengunjungi daerah ini.

"Ramainya sabtu-minggu saja, kalau hari-hari biasa sepi. Jumat sore mulai ramai," ungkap Asep pada detikbandung.

Fasilitas-fasilitas tambahan seperti flying fox dan terapi ikan juga Anda bisa nikmati di Situ Cileunca. Untuk Flying fox Anda harus membayar Rp 5 ribu, sedangkan terapi ikan Rp 10 ribu.

Anda dapat mendirikan tenda di sekitar Situ Cileunca jika ingin bermalam, atau bisa juga menginap di hotel atau villa yang terletak disekitar kawasan situ. Tarif hotel berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 250.000 per malamnya.

4. Situ Patenggan

Batu Cinta di Situ Patenggang

 Adalah Situ yang terletak di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung dengan ketinngian 1600 meter dari permukaan laut, Situ ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dengan suhu yang sejuk, Situ ini berjarak 47 km dari pusat kota Bandung dengan jarak tempuh normal kurang lebih 2 jam perjalanan. Situ ini mempunyai legenda yang sangat terkenal dimana terdapat batu cinta yang merupakan tempat pertemuan sepasang kekasinh antara kian santang dengan Dewi rengganis



5. Situ Cisanti ( Sumber : http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2011/07/15/situ-cisanti-di-sini-citarum-berawal-378905.html OLEH : Diella Dachlan)

Situ Cisanti di pagi hari. Photo: Diella Dachlan
Berperahu di Situ Cisanti. Photo by Diella Dachlan
13107163331897855388 Situ Cisanti, yang terletak di kaki Gunung Wayang,sekitar 60 kilometer sebelah selatan Kota Bandung dapat ditempuh oleh kendaraan sekitar 2-3 jam.
Jika Anda termasuk salah satu yang mulai kehilangan harapan akan pulihnya Sungai Citarum, sungai terbesar dengan panjang 269 kilometer yang membelah 12 kabupaten dan kota di Propinsi Jawa Barat ini, maka datanglah berkunjung ke Situ Cisanti. Ibarat mata air yang terus mengalir, harapan akan pulihnya Sungai Citarum berangsur-angsur pulih kembali di sini.Tentu saja, hal ini juga berlaku bagi Anda yang ingin berwisata melepas kepenatan di akhir pekan.
Situ Cisanti termasuk ke dalam area Perum Perhutani di kampung Pejaten Desa Tarumajaya, kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Di kawasan terdapat tujuh mata air yaitu Pangsiraman, Cikoleberes, Cikawedukan, Cikahuripan, Cisadane, Cihaniwung dan Cisanti. Tujuh mata air ini mengalir ke Situ Cisanti sebelum mengalir ke Sungai Citarum dan berakhir di Laut Utara Jawa, yaitu di Muara Gembong Bekasi.
Berjalan mengitari Situ Cisanti seluas sekitar 10 hektar di kaki Gunung Wayang (1800 meter) menghirup udara sejuk dan menikmati kehijauan di sekeliling adalah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan di kawasan ini. Selain itu, duduk-duduk di pinggir situ, atau kalau Anda berani dan tahan dingin, maka Anda dapat bergabung dengan para pencari lumut, ikan, remis atau kijing yang hidup di situ Cisanti, menceburkan diri ke air situ yang dingin.

6. Situ Umar
Merupakan Situ yang terletak di Lembang, Situ ini terletak di Jalan raya Lembang belakang Grand Hotel Lembang, untuk bisa memancing disini tiket masuknya cukup mahal dari 250 s.d 500 rb.
 Itulah Situ - situ yang ada di sekitar Bandung, Situ tersebut bisa dijadikan tempat wisata keluarga, Semoga bermanfaat, Oh ya tulisan ini dikumpulkan dari berbagai Sumber karena saya sendiri belum pernah mengunjungi semua situ yang ada dalam tulisan ini. Terima kasih Wassalam...



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sungai sungai Panjang di ASEAN

Gunung Gunung Tinggi di Negara ASEAN (Bagian 1)