P2M di Desa Ciporeat

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi telah selesai dilaksanakan di Desa Ciporeat Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 140 orang mahasiswa Jurusan P. Geografi yang terdiri dari angkatan 2010,2011, dan 2012. Tema dari kegiatan kali ini adalah Pemanfaatan Limbah Kotoran Sapi Untuk dijadikan Bahan Bakar Biogas. 
Kegiatannya sendiri dimulai pada Hari Jumat 8 Februari 2013 dengan terlebih dahulu melakukan upacara pembukaan di Lapangan UC sekitar pukul 14.00 Upacara tersebut dihadiri oleh Dosen Kita yaitu Bapa Lili Somantri, S.Pd, M.Si , kegiatan delanjutkan dengan pemberangkatan ke lokasi pada pukul 15.00, untuk mencapai Desa Ciporeat diperlukan waktu kurang lebih 2 jam dengan menggunakan truk TNI. 
Kebun Sayur mendominasi penggunaan Lahan Desa Ciporeat
 
Desa Ciporeat sendiri merupakan Desa yang mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai peternak sapi, dengan prosentase 70% dari keseluruhan penduduk, dan yang lainnya bermata pencaharian sebagai petani, wiraswasta, karyawan dsb. Kondisi Alam Desa ini berbukit bukit karena berada di Kaki Gunung Manglayang dengan hawa Udara yang sejuk. Sebagian besar vegetasi di daerah ini merupakan perkebunan sayuran.
Kami tiba di Desa Ciporeat pada sore hari, Kegiatan langsung dilanjutkan dengan pengkondisian panitia ke Base Camp masing-masing, Untuk putra Base Camp nya terletak di Villa Kang Iqbal dan untuk putri terletak di rumah Kang Iqbal, Kang Iqbal sendiri adalah ketua pelaksana kegiatan P2M kali ini, beliau bertindak sebagai panitia sekaligus tuan rumah kegiatan P2M. Setelah pengkondisian panitia, acara selanjutnya yaitu persiapan acara tabligh Akbar yang dilakukan di Balai Desa, sebagian panitia ada yang mempersiapkan tempat dan yang lainnya menyebarkan publikasi ke masyarakat Desa perihal rangkaian acara P2M yang akan dilakukan selama 3 hari.
Pukul 8 Malam, Dilaksanakanlah kegiatan Tabligh Akbar, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Ciporeat yaitu Bapa Supriyatna yang pada waktu itu memberikan sambutan sealigus menyambut kedatangan kami. Pemateri sendiri berasal dari Dosen UPi dengan M. Reza bertindak sebagai Pemandu Acara dan Septra Yodi sebagai Qori Banyak Ibu-Ibu dan Anak-anak juga para bapak menghadiri kegiatan Tabligh akbar ini.Materi yang diberikan berisi mengenai ajakan untuk menjaga Lingkungan dan meneladani Sifat-sifat dan perilaku Rosulullah SAW.
Tabligh akbar pun selesai pada pukul 22.30 malam, kami panitia langsung membereskan kembali Balai desa dan setelahnya langsung melakukan evaluasi nkegiatan dan Briefing untuk kegiatan esok hari.
 Sabtu 9 februari 2013, merupakan hari yang paling banyak dilakukan kegiatan diantaranya Lomba Islami ( Kaligrafi, Adzan, Hafalan dsb ) di Masjid Al Ikhlas, Kegiatan Pengabdian di SD Palalangon, Sosialisasi Pembuatan Biogas dan Pertandingan Persahabatan Voli antara masyarakat melawan mahasiswa. Sosialisasi dilaksanakan diBalai Desa yang dimulai sekitar pukul 9 pagi dilanjutkan dengan prakteknya di sekitar pemukiman penduduk yang mempunyai ternak sapi. di SD Palalangon dilaksanakan kegiatan Games dan Materi tentang lingkungan yang materi dan kegiatannya disesuaikan dengan kondisi anak tiap kelas. Kegiatan Pemberian materi ini ada yang dilakukan dengan menanam pohon, dongeng, Permainan, daur Ulang sampah dsb, setelah kegiatan di Sd selesai, kami mendapatkan jamuan dan sambuatan dari kepala sekolah SD Palalangon dan diakhiri dengan foto bersama. 
Sore harinya, kami mengadakan pertandingan voli melawan masyarakat Desa Ciporeat, pertandingan berlangsung sangat seru, walaupun Kami panitia selalu dikalahkan oleh masyarakat. Hujan gerimis mewarnai pertandingan voli yang mengakibatkan lapangan dan bola menjadi licin, tapi walaupun begitu pertandingan terus dilakukan sampai waktu menjelang mahgrib.Gabungan dari ketiga angkatan bergantian untuk berpartisipasidalam pertandingan voli kali ini. hanya 1 panitia perempuan yang nekad mengikuti pertandingan ini, dia adalah Sih Aulia Angkatan 2011.
Malam harinya merupakan acara pentas seni yang isinya adalah pagelaran lomba busana Muslim dan Pengumuman Pemenang Lomba yang sudah dilaksanakan pada siang harinya. Pagelaran Busana Muslim Anak berlangsung sangat meriah, diwarnai dengan hal-hal lucu dari peserta yang seluruhnya adalah anak-anak, mereka tampak malu-malu mengikuti acara ini. hal itu membuat panitia banyak yang tertawa sekaligus terhibur oleh tingkah laku anak2 saat Pagelaran Busana Muslim berlangsung.
 Minggu, 10 februari 2013,  merupakan hari terakhir pelaksanaan P2M. Kegiatan yang dilaksanakan anatara lain Kerja Bakti dan Lomba-lomba seperti Balap Kelereng, Lomba makan kerupuk dan Lomba pukul air. Untuk Kerja Bakti sendiri kami dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok sesuai divisi dan disebar ke beberapa tempat yang telah dilakukan tempat tersebut antara lain berada di Kawasan Masjid, SD Cikalamiring, Villa, dan tentu saja Balai Desa. setelah Kerja Bhakti selesai dilaksanakanlah acara perlombaab yang diikuti oleh anak-anak sekitar, kegiatannya sangat seru dan menyenangkan karena anak-anak begitu antusias mengikuti acara perlombaan ini.
Alhamdulillahirabbil alamin setelah Kegiatan perlombaan selesai, kami selaku panitia langsung membereskan Balai Desa yang telah digunakan sebagai tempat perlombaan, dilanjutkan dengan kegiatan penutupan P2M yang dihadiri oleh Kepala Desa Bp. supriyatna, beliau berpesan agar kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, perlu dilakukan pemantauan dari Kami ( Mahasiswa ) untuk terus mengikuti perkembangan pembuatan Biogas sampai berhasil, karena tidak cukup 3 hari saja untuk menghasilkan gas siap pakai. 
Upacara penutupan pun selesai, kami Langsung packing untuk persiapan pulang ke kampus UPI, kemudian acara dilanjutkan dengan evaluasi yang dipimpin oleh Teh Fitri, Kegiatan P2M kali ini berlangsung lancar dan cukup sukses karena mendapatkan antusiasme dan partisipasi yang cukup besar dari masyarakat Desa Ciporeat, dan disisi lain banyak juga hal yang harus kami benahi supaya P2M selanjutnya jauh lebih baik dari P2M kali ini.
 Setelah shalat Dzuhur Kami pun meninggalkan Desa Ciporeat, dengan disaksikan oleh beberapa anak kecil yang menantikan kedatangan kami untuk  kembali lagi  ke Desa ini. Mudah mudahan silaturahmi kami dengan warga masyarakat Desa Ciporeat tidak berhenti sampai disini. P2M merupakan program dimana Mahasiswa dapat terjun langsung pada masyarakat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah. sesuai dengan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Pada Masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sungai sungai Panjang di ASEAN

Gunung Gunung Tinggi di Negara ASEAN (Bagian 1)