Curhatan Citarum

Ini Fotoku
Aku adalah sungai terpanjang di Jawa Barat, Aku mengalir dari Gunung Wayang sampai ke Laut Jawa kurang lebih sejauh 300km, perkenalkan aku adalah Citarum. Sekarang aku merasa sedih karena aku dikenal sebagai sungai terkotor di dunia, aku sangat risih dengan sebutan itu, padahal aku sendiri tak mau menjadi kotor dan tercemar, tapi apa daya manusia yang tinggal di sekelilingku membuat ku sakit dengan membuang sampah, limbah, dan banyak kotoran pada diriku. 
Aku berawal dari Situ Cisanti, Gn. Wayang, Kab Bandung
Gara-gara aku sakit, aku jadi banyak merepotkan banyak orang. aku sekarang suka meluap dan mengakibatkan banjir, karena aku tercemar berat ikan-ikan banyak yang mati dan banyak orang yang menderita gatal-gatal. Aku sering menangis, karena banyak manusia menyalahkanku atas kejadian itu semua. Padahal merekalah sendiri pelakunya. Manusia yang tidak bertanggung jawab yang membuat ku sakit, seharusnya merekalah yang pantas disalahkan.
 Dipikir-pikir apa ya salahku sampai sampai orang orang tega membuat ku sakit seperti sekarang ini.Kurang berjasa apa aku pada orang-orang yang tinggal di sekelilingku?, padahal aku sudah sangat membantu kehidupan mereka menyediakan air,mengairi sawah dan ladang,  membangkitkan listrik, dan juga menyediakan ikan-ikan untuk makan mereka.. 
Aku tidak mau sakit, Aku ingin sembuh, tapi apa daya aku tidak bisa apa-apa, aku hanya bisa mengalir, mengalirkan apa saja tak peduli bersih ataupun kotor. Allah SWT menciptakanku hanya ditugaskan untuk itu, tidak lebih. aku hanya bisa berharap pada orang yang peduli pada ku.., peduli akan kesembuhanku, aku ingin sehat seperti dulu. aku sangat rindu pada diriku dahulu yang bersih dan indah dipandang, tidak seperti sekarang kotor, bau, keruh dan iih..aku juga sangat benci dengan keadaanku sekarang ini. 
Gara gara aku sakit jadi banyak ikan yang mati..Aku sangat sedih sekali :(
Wahai para manusia...tolonglah aku ,aku ingin seperti dulu, aku ingin sembuh.
Tolong Jangan Buang Sampah Padaku..
Jangan tebang teman-temaku dari bangsa pohon di hulu, karena mereka teman baiku yang bertugas menjaga supaya aku tidak meluap.
Selamatkan aku..aku tak mau masyarakat kebanjiran, aku juga tak mau banyak manusia yang sakit gara-gara aku..
Kembalikan aku seperti dulu..
Sikap dan Tindakan peduli kalian akan sangat membantu untuk aku bisa kembali sembuh...

Lihat..aku bersih bukan,..Ini adalah gambaran aku zaman dulu,  aku sekarang yang kotor sudah dibelokan ke Waduk Saguling


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gunung Gunung Tinggi di Asia Timur

DESA BOJONGKONENG KECAMATAN NGAMPRAH KBB

RANGKUMAN PENGINDERAAN JAUH