PKL (PIKNIK KERJA LIBURAN ) DI CISOLOK, SUKABUMI

LAPORAN KEGIATAN PKL DI CISOLOK, SUKABUMI HARI PERTAMA

Alhamdulillah..PKL tahap pertama yang diadakan di Cisolok dari tanggal 23 sampai dengan 26 Mei 2012 dengan tema kearifan lokal telah selesai dilaksanakan. Praktek Kerja Lapangan ini diadakan dengan tujuan mengaplikasikan mata perrkuliahan yang telah diperoleh dengan menghubungkan dengan kearifan lokal yang ada di daerah tempat kajian.
PKL ini dimulai  dengan perjalanan dari Bandung menuju Cisolok Sukabumi, Kami berangkat pukul 06.30 dan tiba pukul 13.30. Perjalanan Kami tidak membosankan karena disuguhi pemandangan yang sangat indah dari panorama pegunungan sampai laut.Setelah tiba Kami disebar berdasarkan daerah kajian masing-masing mulai dari pantai Cisolok (ada 3 kelompok), Cipanas (1 Kelompok ). Desa Cikelat (2 Kelompok ), Kampung Adat Sinaresmi ( 3 Kelompok) dan yang paling jauh ada di Kampung Adat Cipta Gelar (2 Kelompok )


Desa Cikelat
Pantai Karang Hawu Cisolok
Kampung Adat Sinar Resmi
Kampung Adat Cipta Gelar
Karena Penulis berada di daerah pantai maka pukul 15.00 sampai dengan 17.00 pada tanggal 23 mei sudah melakukan pengamatan, sedangkan kelompok yang di tempatkan selain di pantai masih melakukan perjalanan ke tempat tujuan. Kelompok Sinar resmi tiba pukul 3 sore sedangkan yang di Ciptagelar tiba pukul 21.30. Pas di Pantai ada pengunjung yang menegur kami karena kami semua memakai baju hijau, tapi kami tidak menghiraukannya.
Di Pantai Kami meneliti batuan apa saja yang ada di sekitar pantai tsb juga meneliti sebab batuan itu tererosi, Kami juga meniliti morfologinya dengan mengukur tingkat kecuraman pantai dengan menggunakan busur derajat yang ditempeli tali dan pemberat.
Kira-kira pukul 17.00 kami pun kembali ke tempat Istirahat yang terletak tidak jauh dari pantai Karang Hawu, Setibanya di tempat diantara kami ada yang melakukan berbagai aktivitas seperti mandi, jalan jalan ke pantai, ngobrol2, dsb.
Setelah Salat Maghrib, Kami melakukan diskusi dengan dosen mengenai apa yang kami temui di lapangan, dan tidak lupa dosen juga menjelaskan tentang instrumen yang kurang jelas supaya kami dapat mengisinya dengan baik. Instrumen nya ada 3 yaitu Instrumen Kondisi Geomorfologi yang mencakup Geologi dan Fisiknya, Instrumen Sosial, dan Instrumen Kearifan Lokal.
Jam 8an seusai diskusi, Saatnya acara bebas diantara kami ada yang bermain kartu, ngobrol, dan ada yang siap-siap tidur. Itulah rangkaian kegiatan PKL I pada hari pertama nantikan edisi 2 nya ya...
Pada hari ke 2 rencananya kami akan meneliti tentang sosial-budaya yang ada di ploy masing-masing..di tunggu ya ceritanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sungai sungai Panjang di ASEAN

Gunung Gunung Tinggi di Negara ASEAN (Bagian 1)