LAPORAN PKL HARI KE 2

PKL pun terus berlanjut..nah. di hari ke 2 ini kita mulai mengamati geomorfologi pantai, dengan pergi ke gunung..(nya ka pantai atuh..). kami diantarkan oleh si mang angkot yang bernama pa EEng menuju Dinas Kelautan yang ada di Karangpapak, sesudah di turunkan, kami kebingungan ke pantai jalan mana..ya sudah weh kita kelompok 3 mencari orang untuk ditanyai, dan akhirnya kami tiba di pantai. Kami pun kegirangan karena pantainya sungguh indah, kaya di sinetron2. Bukannya langsung mengamati geomorfologi..eh kami malah poto-poto di pantai dan bermain main bersama ombak yang kala itu sedang pasang. 

wawancara in balai desa
setelah lelah bermain kami meneliti geomorfologi pantainya dan ternyata pantai itu cukup curam kemiringannya sampai 15 derajat, dan banyak batuan yang di temui seperti batu andesit, rijang, dan batuan lain yang namanya entah apa. yang jelas mah disana banyak tuan krep alias kepiting yang asik lari kesana kemari. juga selain tuan krep ada juga bangkai-bangkai cangkang kerang yang indah menghias pantai.

makan siang eummh enak..



TIM KARANG PAPAK KELOMPOK 3

briefing dengan dosen










Di pantai juga selain kita melakukan pengamatan, ada juga salah satu anggota kelompok 3 yang membuat semacam patung dari pasir bagus pokonamah mirip dengan yang aslinya, dia teh membuat penyu dan kepiting yang besar.Ada peristiwa lucu saat di pantai ketika susi dan rahmi bermain ke deket batu, ada bapa2 ngajak ngobrol, eh susi dan rahmi nya malah kabur, takut cenah mereka teh. rahmi dan Susi pun kembali ke tempat kami berkumpul di pinggir pantai. Sesaat kemudian bapa2 yang ditinggal kabur susi dan rahmi pun mendatang kami. kami sempat takut tapi kami tidak kabur. Bapa-bapa itu pun langsung bicara.

 Bapa : Neng kenapa tadi kabur? da bapa teh gak akan ngapa-ngapain eneng kok mau ngajak ngobrol ajah...Neng teh dari UPI kan? kebetulan anak bapa juga di Upi jurusan Bahasa Jepang sem 8 sekarang>>> Anak2: OH... Bapa : Emang kalian teh sedang ngapain disini..? Anak : Sedang PKL pa..kebetulan kelompok kami teh kebagiannya di pantai tapi masih ada kelompok lain, bahkan sampai ada yang di Cipta Gelar. Bapa : Oh ya ya..bapa mah disini teh lagi pengobatan lagi pegel2 bapa teh ya udah weh mandi di laut, udah mandi mah lumayan gak kerasa sakit. 
 Karena Obrolannya memanjang dan bapanya asik diajak ngobrol ya sudah kami melakukan wawancara sesuai dengan pertanyaan yang ada di instrumen. tapi si bapa nya mengira kita teh mengobrol saja bukannya wawancara hehe..makasih ubtuk Pak miftah yang telah sukarela menjadi narasumber tanpa diminta. dengan ngobrol dengan pa miftah intinya bahwa memakai baju hijau dilarang di Pantai Selatan itu hanyalah mitos belaka, juga nelayan Palabuhan Ratu itu ternyata bisa melaut sampai labuan Banten,,waw keren
 Setelah asik di pantai, kita ke balai desa karangpapak untuk menanyakan monografi di daerah tersebut, sesudah itu kita makan siang di saung di belakang bale desa yang langsung menghadap ke laut ditemani angin sepoi2 dan gemuruh suara ombak. Udah makan kami langsung menyebar mencari penduduk yang mau untuk diwawancarai mngenai kearifan lokal yang ada di daerah tersebut. ternyata tidak semua penduduk mau diwawancarai. ada yang lucu lagi ketika kami bertemu bapa2 yang sambil tiduran sambil komat-kamit, memei bertanya : Pa maaf sedang sibuk? lalu bapa itu pun mengangguk, padahal kan bapa itu sedang tiduran hahaha..dasar aya-aya wae.. 

 Sampai sore kami melakukan wawancara, lalu kami pun dijemput mang angkot pergi ke beskem. Sesampainya di beskem ada yang mandi, cuci, jalan2 ke pantai lagi dsb..........dan malamnya kami brifing lagi dengan dosen diberikan arahan, udah itu mah acara bebas.....ujung2 nya tidur...hoaaa.. Udah dulu yach begitulah kira2 kegiatan pada hari ke 2 yang melelahkan namun mengasyikan tunggu ya edisi selanjutnya...dadah...wassalam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sungai sungai Panjang di ASEAN

Gunung Gunung Tinggi di Negara ASEAN (Bagian 1)